cara membuat kolom koran pada CorelDRAW

Dalam dunia grafis pembuatan kolom koran sebenarnya bukanlah hal yang wajib untuk di pelajari karena kolom koran atau tulisan yang berkolom-kolom hanya di pakai ketika sedang membuat sebuah majalah, tabloid, buletin bahkan koran itu sendiri, apalagi dalam mendesainnya menggunakan aplikasi corellDRAW sebenarnya itu adalah hal yang sangat langka untuk dilakukan karena biasanya dalam membuat atau setting koran, majalah, tabloid yang memang membutuhkan kolom koran para desainer grafis lebih banyak menggunakan aplikasi yang lain seperti pagemaker ataupun adobe indesign yang lebih mudah digunakan.

Tapi karena pokok pembahasan kita kali ini tentang aplikasi CorellDRAW onercourses akan mencoba menjelaskan sedikit tantang bagaimana membuat tulisan berkolom koran dengan menggunakan corellDRAW.

1. buka aplikasi corellDRAW, (kali ini onercourses menggunakan corellDRAW versi x5) buatlah lembar kerja baru atau buka lembar kerja yang sudah dibuat jika memang sudah ada.

2. Klik text tool pada tool box ( yang berbentuk huru A ) dan buatlah paragraf text dengan cara menDRAG

3. Pada bagian menu bar klik pada text column


maka akan muncul kotak dialog Column Settings

 

Keterangan :
> Number of column      = untuk membuat banyaknya column
> Column                       = untuk mengetau jumlah column yang sudah di buat
> Width                          = untuk mengetahui lebar column
> Gutter                          = untuk mengetahui jarak antar kolom
jika sudah klik OK

4. klik pada text tool dan klik juga pada paragrapf text area, maka text kolom koran siap untuk di isi dengan text, baik untuk di ketikan langsung atau pun copy paste text

itu sedikit cara untuk membuat kolom koran pada corellDRAW semoga bermanfaat
untuk info lebih  lebih lanjut silahkan buka gambar di bawah ini

2 komentar: